Tujuan Manajemen Perkantoran Secara Umum adalah
Tujuan Manajemen Perkantoran : Dalam proses manajemen, sasaran yang dituju adalah tercapainya tujuan secara efisien. Yang dimaksud efisien disini adalah memenuhi persyaratan, baik ditinjau dari segi ekonomis, teknis, dan psikologis.
Tujuan Manajemen Perkantoran |
Ekonomis, Bukan berarti murah dari segi biaya, tetapi pantas dan sesuai. Misalnya kita pergi memancing ikan dengan tujuan mendapatkan ikan kakap. Agar biaya murah kita gunakan cacing untuk umpan (bahkan tanpa biaya). Hal hasil untuk tujuan mendapatkan ikan kakap tidak pernah tercapai, bahkan kita sudah rugi waktu dan tenaga. Teknis. Dalam arti berdaya guna atau bermanfaat. Psikologis. Dalam arti terdapat kepuasan. Tujuan dapat dicapai, tetapi apabila dalam mencapai tujuan itu tidak sesuai denga perencanaan. Dan dalam proses kegiatannya menimbulkan pemborosan-pemborosan, maka hal tersebut perlu dihindari untuk mencetak hal-hal seperti di atas, maka sumber daya (resources) yang akan dimanfaatkan.
Dalam proses mencapai tujuan itu hendaknya dikelola dengan menerapkan fungsi-fungsi manajemen. Sedangkan sumber daya yang dimaksud terdiri dari manusia, uang, mesin-mesin, material, metode, dan pasar. Berdasarkan kajian di atas dapat diambil kesimpulan bahwa tujuan manajemen perkantoran antara lain:
- Memberikan semua keterangan yang lengkap bagi yang memerlukan, guna pelaksanaan. Tugas organisasi secara efisien.
- Memberikan catatan dan laporan, yang bermanfaat dan biaya yang sesuai .
- Membantu organisasi/perusahaan, memelihara serta memenuhi kebutuhannya.
- Memberikan pekerjaan tata usaha yang cermat dan memberi pelayanan secara efektif kepada para langganan atau mitra kerja.
- Membuat catatan secara lengkap, relevan, up to date (tidak terlambat), akurat, dan dapat dipertanggungjawabkan.
- Peranan Pekerjaan Kantor.
- Pengertian Pekerjaan Kantor.
- Fungsi Manajemen Perkantoran.
- Pengertian Manajemen Perkantoran.
- Pengertian Otomatisasi Perkantoran.
- Prinsip Prinsip Manajemen Perkantoran.