Pengertian Proses Pelayanan dan Contohnya
Proses pelayanan secara umum dibagi menjadi 3, yaitu :
1. Care Service.
Yaitu pelayanan dengan cara menawarkan produk utama berupa barang atau jasa yang diproduksi oleh perusahaan yang bersangkutan.
Contohnya, PT Astra Daihatsu Indonesia yang menawarkan Mobil buatannya kepada konsumen.
2. Fasilitating Service.
Yaitu fasilitas pelayanan tambahan kepada pelanggan, walaupun berupa pelayanan tambahan tapi harus atau wajib diadakan.
Contohnya, setiap pembelian sepeda motor maka pihak pembeli akan mendapatkan helm dan jaket secara gratis.
3. Supporting Service.
Yaitu pelayanan pendukung kepada pelanggan tapi tidak harus diadakan. Supporting service bertujuan untuk meningkatkan daya saing perusahaan agar mempunyai nilai pelayanan yang lebih dari pesaingnya.
Contohnya, untuk memudahkan para pelanggan dalam mengadakan perbaikan atau perawatan, pihak PT Astra Daihatsu Indonesia membuka bengkel-bengkel resmi, lengkap dengan fasilitas suku cadang.
Baca juga:
Comments
Post a Comment