Pengertian Proses Pelayanan dan Contohnya

Pengertian Proses Pelayanan : Proses pelayanan merupakan suatu proses atau rangkaian kegiatan pelayanan yang diberikan kepada pelanggan oleh bagian kustomer service perusahaan.

Pengertian Proses Pelayanan

Proses pelayanan secara umum dibagi menjadi 3, yaitu :
1. Care Service.
Yaitu pelayanan dengan cara menawarkan produk utama berupa barang atau jasa yang diproduksi oleh perusahaan yang bersangkutan.
Contohnya, PT Astra Daihatsu Indonesia yang menawarkan Mobil buatannya kepada konsumen.

2. Fasilitating Service.
Yaitu fasilitas pelayanan tambahan kepada pelanggan, walaupun berupa pelayanan tambahan tapi harus atau wajib diadakan.
Contohnya, setiap pembelian sepeda motor maka pihak pembeli akan mendapatkan helm dan jaket secara gratis.

3. Supporting Service.
Yaitu pelayanan pendukung kepada pelanggan tapi tidak harus diadakan. Supporting service bertujuan untuk meningkatkan daya saing perusahaan agar mempunyai nilai pelayanan yang lebih dari pesaingnya.
Contohnya, untuk memudahkan para pelanggan dalam mengadakan perbaikan atau perawatan, pihak PT Astra Daihatsu Indonesia membuka bengkel-bengkel resmi, lengkap dengan fasilitas suku cadang.

Baca juga:

Comments

Popular posts from this blog

Faktor Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Menurut Para Ahli

Sifat Politik Hukum

Dampak Otomatisasi Perkantoran Terhadap Operasi Perusahaan